RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( R P P )
Nama Sekolah : MTsN MODEL BANDA ACEH
Mata Pelajaran : Sejarah Kebudayaan Islam
Kelas / Semester : VII (Tujuh) / 2 (dua)
Materi Pokok : Prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
Pertemuan ke : 2
Alokasi Waktu : 1 x 15 Menit
A. STANDAR KOMPETENSI
1. Memahami sejarah perkembangan Islam pada masa Khulafaurrasyidin
B. KOMPETENSI DASAR
1.1 Menceritakan berbagai prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
C. INDIKATOR
1.1.1. Menceritakan riwayat hidup Khalifah Umar bin Khattab
1.1.2. Menyebutkan prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
1.1.3. Mengambil hikmah dari prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
D. TUJUAN PEMBELAJARAN
Setelah mempelajari materi prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin dalam hal ini Umar bin Khattab diharapkan;
1. Dengan strategi Menguji tim (Quiz Team) Siswa dapat Menceritakan riwayat hidup Khalifah Umar bin Khattab
2. Dengan strategi Menguji tim (Quiz Team) Siswa dapat menyebutkan prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
3. Dengan strategi Menguji tim (Quiz Team) Siswa dapat mengambil hikmah dari prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
E. KARAKTER YANG DIBIASAKAN
Rasa ingin tahu, berkerja sama, dan tanggug jawab
F. MATERI PEMBELAJARAN
Prestasi yang dicapai oleh Khulafaurrasyidin
Cangkupan materi
1. Riwayat hidup Khalifah Umar bin Khattab
2. Prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
3. Hikmah dari prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
G. METODE DAN STRATEGI PEMBELAJARAN
1. Pendekatan : Keimanan, Rasional, fungsional
2. Metode : Ceramah, Diskusi, dan Tanya Jawab
3. Strategi : Menguji tim (Quiz Team)
H. LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Bagian
|
Kegiatan Guru
|
Kegiatan Peserta didik
|
Alokasi Waktu
|
Pembuka
|
1. Guru membuka pembelajaran dengan mengucapkan salam dan berdoa
2. Mengecek kehadiran dan kesiapan siswa serta kebersihan kelas.
3. Menanyakan kabar siswa Guru melakukan penjajakan kesiapan belajar siswa dengan memberikan pertanyaan tentang materi yang telah diajarkan sebelumnya.
4. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
|
1. Peserta didik menjawab salam
2. Peserta didik memberikan informasi tentang kehadiran teman-temannya dan keadaannya
3. Peserta didik menjawab kabarnya kepada guru dan menyampaikan penjelasan materi sebelumnya.
4. Peserta didik mendengarkan tujuan pembelajaran yang di sampaikan oleh guru.
|
2 menit
|
Inti
|
a. Eksplorasi
1) Guru memberikan pertanyaan yang berkaitan dengan materi pelajaran untuk mengetahui pengetahuan peserta didik.
2) Guru menyampaikan materi tentang sejarah perkembangan Islam pada masa Khalifah Umar bin Khattab
3) Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk bertanya tentag materi yang dijelaskan.
b. Elaborasi
1) Guru membagi peserta didik menjadi 3 kelompok A, B, dan C.
2) Guru menyampaikan intruksi strategi pembelajaran
3) Guru meminta tim A untuk membuat soal kemudian dijawab oleh tim B, jika tim B tidak bisa menjawab maka dilemparkan kepada tim C dan seterusnya.
c. Konfirmasi
1) Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalah pemahaman,
2) Guru memberikan penguatan dan penyimpulan tentang materi pelajaran.
3) Guru mengajak peserta didik untuk merefleksi kegitan yang telah dilakukan.
|
a. Eksplorasi
1) Peserta didik menjawab pertanyaan guru.
2) Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.
3) Peserta didik bertanya tentang hal-hal yang belum jelas
b. Elaborasi
1) Peserta didik membentuk kelompok.
2) Peserta didik mendengarkan guru.
3) Tim B menjawab pertanyaan yang diajukan dari kelompok A.
c. Konfirmasi
1) Peserta didik menjawab untuk meluruskan dari kesalahpahaman mereka.
2) Peserta didik mendengarkan dengan seksama kesimpulan dari materi yang diberikan guru
3) Peserta didik untuk merefleksi dari kegiatan yang telah dilakukan.
|
10 menit
|
Penutup
|
1. Guru menyuruh salah satu peserta didik untuk menyimpulkan materi pembelajaran dengan bimbingan guru.
2. Guru memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih aktif lagi dalam pembelajaran berikutnya.
3. Guru mengakhiri pembelajaran dengan berdoa
4. Guru mengucapkan salam.
|
1. Salah satu peserta didik berdiri dan menyampaikan kesimpulan tentang materi pelajaran.
2. Peserta didik mendengarkan motivasi dari guru.
3. Peserta didik berdo’a bersama-sama.
4. Peserta didik menjawab salam dari guru.
|
3 menit
|
H. MEDIA / ALAT
1. Spidol
2. Whiteboard
I. SUMBER BELAJAR
1. Heru Saleh, Sejarah Kebudayaan Islam Untuk MTs Kelas VII, (Solo: Putra Kertonatan, 2008), hal. 9-10.
2. M. Abdul Karim, Sejarah Pemikiran dan Peradabann Islam, (Yogyakarta: Pustaka Book Publusher, 2007), hal. 89.
J. PENILAIAN
1. Tes
Indikator Pencapaian
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Instrumen
|
Skor
|
Menceritakan riwayat hidup Khalifah Khalifah Umar bin Khattab
|
Tes Tertulis
|
Tes Uraian
|
Jelaskan secara singkat riwayat hidup Khalifah Umar bin Khattab?
|
10
|
Menyebutkan prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab
|
Sebutkan prestasi yang dicapai pada masa Khalifah Umar bin Khattab?
|
10
| ||
Mengambil hikmah dari prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Kholifah Umar bin Khattab
|
Sebutkan hikmah yang dapat diambil dari prestasi-prestasi yang dicapai pada masa Kholifah Umar bin Khattab?
|
10
| ||
Jumlah Skor
|
30
|
2. Non Tes
Nama Siswa
|
NILAI KARAKTER
| |||||||||||
Rasa Ingin Tahu
|
Berkerja Sama
|
Tanggung Jawab
| ||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
|
A
|
B
|
C
|
D
| |
Wawan Eko Mujito
| ||||||||||||
Tri Widiyanto
| ||||||||||||
Dwi Utami
| ||||||||||||
Wati Endang Jumarni
| ||||||||||||
Mir’atun Nur Arifah
| ||||||||||||
Alwi Imawan
| ||||||||||||
Istiqomah Fajri Perwita
| ||||||||||||
Mukhamat Munshorif
| ||||||||||||
Ngudi Sukmana
| ||||||||||||
Arya Supriyadi
|
Keterangan :
A : Amat Baik C : Cukup
B : Baik D : Buruk
Mengetahui,
Kepala MTs Al-Ikhlas
Sigit Purnama, M. Pd.
NIP.
Yogyakarta, 24 Maret 2013
Guru Mapel SKI
Mukhamat Munshorif
10411062
Umar bin Khathab
Menjabat sebagai khalifah selama 10 tahun (13-23 M / 634-644 M).
A. PERLUASAN WILAYAH
• Pada masa Umar disebut Futuhat al-Islamiyah karena pada masa ini terjadi keberhasilan perluasan wilayah :
– Suriah yang memiliki kota penting kekuatan Byzantium (Damaskus, Yordania, Yerusalem, Hims dan Antiokia)
– Persia
– Mesir
– Afrika Utara
– Armenia
– Eropa Timur
• Umar membagi wilayah-wilayah yang sudah dikuasai menjadi beberapa provinsi,
– Sa’ad bin Abi Waqqas menjadi gubernur Kuffah
– Amru bin Ash menjadi gubernur Mesir
– Mu’awiyah bin Abi Sufyan menjadi gubernur di Damaskus
B. MENATA ADMINISTRASI DAN KEUANGAN PEMERINTAHAN
• Pembentukan
– Baitul Mal sebagai lembaga yang mengurusi keuangan negara
– Dewan Perang lembaga administrasi ketentaraan
• Santunan yang diberikan kepada seluruh rakyat berdasarkan lamanya memeluk ISlam
C. PENETAPAN KALENDER HIJRIYAH
• Awal penghitungan tahun hijriyah berdasarkan hijrah Rasul ke Madinah
• Hijrah adalah simbol titik balik kemenangan Islam
• Hijrah menandai pembagian surah-surah al-Qur’an
• Hijrah menandai dua periode dakwah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar